Sabtu, 28 Agustus 2010

Tips : Ternyata bukan speedy-nya yang nge-block... :)

Gw pikir speedy yang paket mail, firewall diblock sama speedy-nya, maklum mentang-mentang paket paling murah. ehh ternyata yang ngeblock itu dari modem TP-Link nya, kebetulan cabang tempat kantor gw pakai speedy, and sempet ribet juga kalo gw ga bisa remote ssh ke komputer cabang kalo di block. Kebetulan modem adsl yang dipakai TP-Link 8817. coba cari-cari manual-nya TP-Link, yupss ternyata dapet :)

1. Konfigurasi modem lewat browser, Masuk lewat webrowser,
ketik alamat http://192.168.1.1
username : admin
password : admin

( Settingan standard bawaan dari pabrik )

Inget selalu, diganti settingan standard bawaan pabrik, kalo ga mao komputer lo diotak-atik orang :)
Masuk ke menu Advanced Setup > NAT
Pilih Virtual Circuit : PVC1 ( blom tau fungsi Virtual Circuit di adsl itu apa :) )




2. Pilih Virtual Server.
Nah, disini tinggal pilih port atau aplikasi apa yang ingin dibuka port firewallnya. Karena yang gw butuhin untuk buka ssh jadi gw buka application dan pilih ssh. Start number and end port number -nya gw pilih 22, karena ssh pakai port 22.




3. Local IP address 192.168.1.100 ( IP local komputer yang dituju ssh nya, jangan lupa di OS-nya dibuka juga port 22 nya )




4. Save. kalau mau ssh, tinggal sebutin ip public dynamic-nya aja. selesai.


Reference :
http://www.tp-link.com/support/showfaq.asp?id=205

2 comments:

Unknown mengatakan...

nice info... thanks sob..

Anonim mengatakan...

wah, terima kasih banyak mas! beneran bisa!

Posting Komentar